Jenis dan Model Atap Rumah untuk Inspirasi Rumah Anda

  • Bagikan
Desain Model Atap Rumah Minimalis

Berniat membangun rumah baru namun bingung menentukan model atap rumah yang tepat? Ternyata pemilihan model atap rumah yang tepat selain mendukung keindahan juga dapat memberikan manfaat dan keselarasan bagi orang yang melihatnya. Model atap rumah yang pas juga memberikan keteduhan yang maksimal untuk rumah yang kecil minimalis.

Meskipun posisi atap berada di bagian paling atas dan hanya sebagian dari keseluruhan tampilan eksterior rumah, desain atap rumah sangat mempengaruhi kesan dari rumah secara keseluruhan. Karena itu, sebaiknya sebelum membangun rumah baru, dipikirkan dengan matang pemilihan model atap rumah sebelum proses pembangunan rumah.

Selain itu, memilih model atap rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena setiap spesifikasi dari atap sangat menentukan sekali. Nah, agar Anda bisa memilih atap rumah yang terbaik, berikut ini serba-serbi atap yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Atap Rumah

Atap rumah merupakan salah satu fundamental yang paling penting bagi setiap bangunan rumah. Setiap rumah atau bangunan yang dibuat pasti memiliki atap dengan berbagai model. Fungsi utama dari atap rumah adalah untuk memberikan perlindungan bagi siapa saja yang berada di dalam bangunan atau rumah tersebut terhadap berbagai bentuk elemen berbeda, seperti sengatan sinar matahari, turunnya air hujan menahan radiasi panas berlebih hingga menghambat pergerakan angin yang biasanya membawa debu. Jadi bisa disimpulkan bahwa atap memiliki peran layaknya Atap rumah mirip helm yang menaungi kepala kita yang bertugas untuk melindungi siapapun yang sedang mengokupansi bangunan atau berada di dalamnya.

Bagian-Bagian Atap Rumah

Dalam membangun atap rumah, terdapat beberapa bagian penting agar atap tersebut bisa dibangun secara sempurna. Di bawah ini adalah beberapa bagian atap rumah yang menjadikannya kuat secara struktural:

  1. Kuda-kuda merupakan bagian utama yang berfungsi sebagai penopang dari rangka atap yang umumnya terbuat dari balok kayu.
  2. Gording merupakan balok kayu yang terletak pada bagian atas dari kuda-kuda. Gording memiliki fungsi untuk menyangga komponen atap lain dan menghubungkannya dengan kuda-kuda.
  3. Usuk merupakan sebuah balok yang dipasang secara melintang pada bagian atas dari sebuah gording di atap.
  4. Reng merupakan sebuah kayu melintang yang berfungsi sebagai pengait dan menahan penutup atap yang akan digunakan, seperti genteng dan yang lainnya.
  5. Lisplang Tirisan merupakan papan tegak yang diletakkan dan terpasang pada bagian bawah dari kasau agar susunannya tetap sesuai dan tidak mengalami perubahan.
  6. Lisplang Ujung Gevel merupakan papan tegak yang berfungsi untuk melindungi gording dari air hujan dan sengatan sinar matahari.
  7. Penutup Atap adalah bagian paling atas dan terakhir pada atap rumah. Penutup atap ini memiliki fungsi untuk mencegah agar air hujan dan sengatan sinar matahari tidak masuk ke dalam rumah.

Jenis dan Model Atap Rumah

Ketika membangun rumah, memilih jenis dan model atap adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan, karena jika Anda salah dalam memilih, bisa merusak tampilan dari rumah yang hendak dibangun. Di bawah ini adalah beberapa jenis dan model atap rumah yang bisa Anda gunakan sebagai referensi ketika ingin membangun rumah:

Model Atap Rumah Limas (Perisai) Minimalis

Model atap rumah pertama yang bisa digunakan adalah bentuk limas minimalis. Sebagaimana kriteria atap yang bisa digunakan untuk rumah yang minimalis, Anda harus mengedepankan segi fungsional dari atapnya. Bentuk limas atau perisai yang minimalis ini mampu bertahan dari keadaan cuaca yang tidak menentu.

Model Atap Rumah Minimalis 2 Lantai Tampak Depan

Atap dengan model limas memiliki dua bidang dengan bentuk segitiga dan bertemu pada sebuah garis jurai. Dua bidang yang lainnya mempunyai bentuk trapesium yang kembali bertemu pada sebuah bubungan atas.

Model Atap Rumah Limasan Modern

Lebih tepatnya jenis perisai yang minimalis ini memang cocok dengan kondisi rumah yang berada di iklim tropis. Sehingga cukup aman untuk penggunaan jangka panjang dengan perlindungan yang maksimal. Bukan hanya itu saja bentuknya yang cantik juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai estetis untuk pemandangan rumahnya.

Model Atap Rumah Limas Sederhana
Model Atap Rumah Limas Modern

Model Atap Rumah Pelana

Jika melihat bentuk dari atap pelana, tentu saja mirip sekali dengan pelana kuda. Atap tersebut memiliki dua bagian sisi yang miring dan sisi lainnya berupa dinding segitiga. Kemiringan dari atap ini juga berada pada sekitar 30 derajat untuk membuat sebuah ruang di dalam plafon.

Model Atap Rumah Pelana Minimalis

Model atap rumah pelana terkenal dengan arsitekturnya yang cukup khas membuat tampilan rumah minimalis menjadi lebih elegan untuk dinikmati. Bisa dipadukan dengan desain rumah modern yang menarik untuk dinikmati.

Desain Atap Rumah Pelana Minimalis

Modelnya yang sangat khas ternyata juga memiliki sisi fungsional yang bisa dimanfaatkan. Atap yang satu ini mampu menangkal suara hujan yang berisik bagi penghuni yang berlindung di dalam rumahnya. Jadi Anda tidak perlu risau jika ingin menggunakan bentuk atap yang satu ini karena cukup melindungi dengan baik.

Model Atap Rumah Memanjang ke Belakang

Bentuk berikutnya yang bisa digunakan adalah atap pelana minimalis tropis. Dari sisi bentuk memang cukup sederhana untuk dipandang namun cocok dengan konsep rumahnya yang menjunjung segi kepraktisan di dalamnya. Penggunaan atap ini memang direkomendasikan untuk rumah dalam iklim yang tropis.

Model Atap Rumah Pelana Memanjang

Ornamennya yang tidak berlebihan membuat tampilannya tetap cantik meskipun minim dengan dekorasi di dalam rumahnya. Atap bentuk yang satu ini sangat cocok digunakan untuk menangkal panas yang berlebihan cukup baik ke dalam rumah. Atap ini juga bisa digunakan untuk menangkal suara hujan yang berisik.

Model Atap Rumah Zig Zag

Atap model gergaji cukup jarang ditemui pada bangunan perumahan pada umumnya. Atap model ini lebih sering dijumpai pada bangunan seperti pabrik ataupun gudang. Bentuknya yang sangat unik ini seringkali menjadi pilihan karena desainnya yang sangat menarik.

Model Atap Rumah Miring Satu Arah
Model Atap Rumah Miring Satu Arah Kedepan

Model Atap Rumah Datar Modern

Ketika membangun rumah minimalis, desain dari atap akan sangat menentukan tampak dari rumahnya. Saat ini atap datar modern tengah menjadi tren terbaru yang menjadikan rumah bisa terlihat lebih minimalis dan terlihat sangat menarik. Tak selesai dengan memilih model, Anda juga harus memastikan atap rumah Anda berfungsi dengan baik.

Inspirasi Desain Atap Rumah Minimalis Terbaru
Model Atap Rumah Minimalis 2 Lantai Terbaru
Model Atap Rumah Minimalis 2021Terbaru
Model Atap Rumah Minimalis Modern
Model Desain Atap Rumah Minimalis Modern dan Mewah

Ada banyak rumah yang mengadopsi model sandar karena bisa membuatnya tampilan rumah bisa terlihat kontemporer dan unik. Atap sandar ini memiliki model satu bidang atap yang menempel pada tembok vertikal dan membuat tampak rumah seolah menjadi asimetris.

Model Atap Rumah Kubah

Atap dengan bentuk kubah lebih sering ditemui pada bangunan seperti Masjid atau Gereja. Namun saat ini sudah mulai banyak rumah bergaya modern ranch yang menggunakan atap model kubah agar terlihat unik dan menarik.

Model Atap Rumah Tanpa Plafon
Macam Macam Model Atap Rumah

Model Atap Rumah Bonnet

Di Indonesia, ada banyak rumah adat yang mengadopsi model atap bonnet. Salah satu rumah adat tradisional yang mengadopsi model atap ini adalah rumah Joglo. Atapnya yang bertingkat memiliki bagian bawah yang menjorok keluar sebagai langkah untuk mencegah tampias air hujan masuk ke dalam rumah.

Model Atap Rumah Kayu Minimalis

Model Atap Rumah Multifungsi

Ide atap rumah minimalis terbaik terakhir yang bisa digunakan adalah atap rumah yang multifungsi. Ide yang satu ini biasanya digunakan untuk balkon atau tempat bercengkerama bersama keluarga. Biasanya diletakkan banyak kursi dan hiasan untuk bersantai menikmati ruang atas.

Ide Desain Model Atap Rumah Modern
Model Rooftop Modern 2021

Kadang atap rumah ini juga bisa digunakan untuk tempat tampungan air atau bahkan kolam renang di dalam rumah. Anda juga bisa meletakkan hiasan apa pun atau ruang khusus seperti bakar-bakar daging di atap rumah ini. Atap rumah yang multifungsi memang cukup menyenangkan untuk digunakan.

Model Atap Rumah Multifungsi

Cara Memilih Model Atap Rumah Sesuai Kebutuhan

Anda juga harus memperhatikan beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk melakukan membangun atap atap rumah ini. Tentunya kriteria ini bisa membantu untuk mendapatkan atap yang tepat sesuai dengan kebutuhan:

  1. Kualitas Produk

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pembelian atap rumah adalah mengenai kualitas dari produk atap yang akan dibeli ini. Kualitas produk adalah kriteria pertama yang perlu diperhatikan untuk mementingkan segi fungsional dan juga keawetan dalam penggunaan produk atap ini.

Mungkin beberapa bentuk atap memang sangat cantik dan menarik untuk dibeli namun harganya sangat murah sehingga meragukan untuk digunakan. Kualitas produk harus menjadi hal utama dibandingkan kriteria yang lainnya. Kualitas yang bagus juga memberikan klaim yang menguntungkan bagi Anda.

Meskipun budget yang dimiliki cukup kecil dan terbatas maka pertimbangkan untuk membeli atap yang mengedepankan kualitas dan fungsionalitasnya. Sementara untuk desainnya lebih baik memilih yang biasa saja.

  1. Harga

Harga ini tidak boleh terlalu mahal dan terlalu murah namun harus sesuai dengan kualitas yang diberikan. Jadi bisa dibilang antara harga dan kualitas ini harus seimbang. Desain atap rumah minimalis terbaru juga harus mengedepankan sisi kemampuan dalam budget yang dimiliki. Jangan terpukau dengan harga yang murah semurah-murahnya padahal dari segi kualitas kurang memungkinkan. Mungkin Anda bisa mengakali dengan kebutuhan lain atau komponen lain yang ada di dalam atap tersebut untuk dibeli.

  1. Ketebalan Atap Rumah

Setiap atap yang dijual memiliki karakteristik yang berbeda dan perlu diketahui. Ketebalan atap juga dipengaruhi oleh bahan pembuat utamanya. Terkadang bahan yang digunakan memang tipis namun sudah memiliki tingkat keamanan dan fungsional yang bagus untuk pelindung rumah.

Namun ada juga bahan yang mementingkan segi ketebalan untuk bisa mendukung sisi keawetannya. Hal ini juga dipengaruhi dengan tingkat keekstreman cuaca yang ada di rumah. Model atap memang bebas untuk pemilihannya, Anda bisa memilih atap yang lucu dengan bentuk aneh sekalipun.

Jadi sesuaikan dengan kebutuhan rumah mengenai ketebalan atap yang disajikan ini. Rumah yang memiliki cuaca panas berlebih lebih baik memilih atap yang tipis. Sementara untuk rumah yang cenderung dingin lebih baik menggunakan atap dengan bahan tebal untuk membantu menghangatkan Anda.

  1. Kemudahan Instalasi Atap Rumah

Atap yang bagus juga harus memenuhi kriteria dalam hal kemudahan untuk memasangnya. Atap yang sulit untuk dipasang akan menimbulkan permasalahan yang baru. Biasanya Anda membutuhkan tenaga pemasang bantuan untuk memasangkan atap atau membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penyelesaian atap ini.

Jadi Anda juga harus mempertimbangkan mengenai kemudahan pemasangan atap rumah dan juga biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

  1. Cuaca dan Bahan

Ternyata pembuatan atap juga memperhatikan penggunaan bahan yang beragam untuk dipilih dan disesuaikan dengan cuaca yang terjadi di rumah Anda tersebut. Hal penting berikutnya untuk membeli atap rumah adalah mempertimbangkan kondisi cuaca dengan bahan pembuat atap yang digunakan. Kesesuaian bahan atap dengan kebutuhannya terhadap cuaca akan membantu penghuni lebih nyaman dan menjaga keawetan atap pada rumah.

Demikianlah beberapa hal terkait inspirasi beberapa macam model atap rumah minimalis yang ada di pasaran serta cara memilih atap yang sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *